series: Lirik

Ada dua hal yang sangat memalukan dari diriku yang asli orang Indonesia. Pertama, aku cuma punya 42 lagu Indonesia dari total 400+ lagu di folder musikku. Ini sudah dikurangi lagu JKT48 yang cuma cover berbahasa Indonesia dari lagu-lagu AKB48. Kedua, aku baru sadar kalau tanggal 17 Agustus ini negara kita sudah jadi kakek-kakek berumur 70 tahun.

Yang mana perenungan ini membawaku ke sebuah ide.

“Kalau 42 lagu ini dibikin drabble buat Agustusan, gimana?”

Dan karena itulah, sebagai latihan menulis juga, aku menantang diriku sendiri menulis drabble 100 kata berdasarkan lirik-lirik lagu ini. (Sedihnya, aku sendiri gagal menuntaskan tantangan ini karena major writer’s block, sehingga ada empat lagu yang fiksinya tidak ditulis olehku.) Aku memulai tantangan ini sekitar pertengahan Agustus dan berakhir September pertengahan pula.

Bersiap-siaplah, karena playlist Indonesiaku itu sangat tidak update (kalah jauh sama playlist Korea-Jepang-Cinanya TT) :

  1. Tentang Rasa – Astrid
    • DRABBLE: Mengawali Akhir (Super Junior-M Zhoumi x f(x) Victoria) di Empat Baris Lirik
  2. Semusim – Chrisye ft. Waljinah
    • DRABBLE: Pancaroba (Wu Yi Fan x f(x) Victoria)
  3. Menunggumu – Chrisye ft. Waljinah
  4. Bersama Bintang – Drive
  5. Kupu-Kupu Kertas – Ebiet G. Ade
  6. Ayah – Ebiet G. Ade
  7. Untuk Dikenang – Jikustik
  8. Amnesia – Gigi
  9. Firasat – Marcell
  10. Mungkin – Melly Goeslaw
  11. Posesif – Naif
  12. Kasih Tak Sampai – Padi
  13. Harmoni – Padi
  14. Kesepian Kita – Pas Band
  15. Khayalan Tingkat Tinggi – Peterpan
  16. Di Atas Normal – Peterpan
  17. Tak Ada yang Abadi – Peterpan
  18. Semua Tentang Kita – Peterpan
  19. Mimpi yang Sempurna – Peterpan
  20. Yang Terdalam – Peterpan
  21. Seberapa Pantas – Sheila on 7
  22. Pejantan Tangguh – Sheila on 7
  23. Sephia – Sheila on 7
  24. Cinta Mati III – Mulan Jameela
  25. Bahasa Kalbu – Titi DJ
  26. Sang Dewi – Titi DJ
  27. Status Palsu – Vidi Aldiano
  28. Papa Rock ‘n Roll – The Dance Company
  29. Harmoni Cinta – Gita Gutawa
  30. Cinta Gila – Ungu
  31. Membebaniku – Peterpan
  32. Hargai Aku – Armada
  33. Sahabat jadi Cinta – Zigaz
  34. Pandangan Pertama – Slank ft. Nirina Zubir
  35. Putri – Jamrud
    • DRABBLE: Nakal (Red Velvet Irene & Yeri)
  36. Terlalu Lama Sendiri – Kunto Aji
  37. Lubang di Hati – Letto
  38. Dealova – Once
    • TWEETFICTION: Neverland (EXO-M OT6 Ensemble x Pembaca)
  39. Terbakar Cemburu – Padi
  40. Emen – Yosie Lucky
  41. Selembut Awan – Katon Bagaskara
  42. Tiada Kata Berpisah – Rio Febrian

Dijamin habis baca daftar ini, pembaca yang muda-muda akan melongo. “Ini lagu apa, Kak Li?” Hahaha aku bisa membayangkan wajah kalian adik-adikku XD

Nah, sebenarnya tantangan ini masih terbuka, tidak terbatas. Bagi siapapun yang mau menulis fiksi asli maupun fanfiksi berdasarkan lagu-lagu di atas masih boleh menghubungiku lewat kolom komen, nanti akan aku cantumkan tautan fiksi kalian di sini (lihat ‘kan, di atas ada fiksi-fiksi yang tidak ditulis olehku). Jangan lupa untuk tidak mencantumkan istilah asing (Korea, Inggris, dsb.) dalam fiksi kalian ^^

Advertisements

31 thoughts on “series: Lirik

  1. wah wah seru nih seru…hehehe
    kira-kira castnya pake nama-nama asli Indonesia ga yaa? atau malah nama artis-artis Indonesia yang nyanyiin lagu-lagu itu?

    ga kebayang udah keseringan baca cerita isinya orang-orang korea dan sekarang ada bahan bacaan yang mungkin isinya sesuai EYD tanpa bahasa asing atau serapan (ini komen apa sih?)

    ditunggu deh drabble-drabblenya.. 🙂

    Like

  2. Ya ampun Li lagu yang sering banget aku denger hahaha dan kebanyakan lagu jadul nih hahaha *plak*

    Jadi mau bikin drabble sebanyak 42 biji? Pengen ikut sih Li, kayaknya seru gituh xD
    Ngambil salah satu kalimat di lirik lagu trus jadiin prompt kan? Castnya? Korea? Apa INA? Duh kok aku yang semangat yaa hahaha

    Like

  3. Playlistku lbh jadul lg Li. Kalo lagu Indo aq paling demen lagu jadul 80-90an soalnya, ky nike ardila, inka christy. Yg baru cuman melly goeslow doang.

    Untk mslh ikut / nggak, bentar ya Li. Kompi di rmh rusak. Aq jg ni lg nelangsa gbs ngetik, pdhal mw ikut lomba cerpen lho.

    Like

  4. Mau pengakuan dulu, lagu indo di hapeku cuman 5 kak hahaha, yang 4 gara-gara kuliah bahkan… di laptop ada banyak cuman mager mindahin.

    Aku sebenernya mau ikutan, sayangnya lagi sibuk kegiatan tapi mau ikut xD Padahal bernostalgia sama lagu-lagunya padi pasti menyenangkan… Tapi entahlah, liat nanti ya kak hahaha.

    Dan, semangat nulisnya kak!!! Ditunggu tulisan untuk memeriahkan 17an ini X)

    Like

  5. Kak lianaa! Aku mampir lagi setelah lega dari berbagai ulangan yaampun :”) mulai hari ini udh mulai lenggang jd bisa baca2 fanfic yeyy! 😀

    Mending kakak punya 42 lagu indo, lah aku malah cuma punya lagu Mungkinkah – Stinky sebagai satu-satunya lagu indonesia di handphone-ku………….

    Sebenernya banyak lagu indo yang aku suka, tp suka mager download yaampun

    Ini seru banget challenge nya ih! Pengen ikuttt tapi aku juga takut gabisa selesain huhuhu 😦 tapi aku mau coba ah! Apalagi pas liat lagu once yang dealova sama harmoni-nya padi. Duh, ayo berjuang bareng kak! Semangat terus kak lianaa! 😀

    Like

    1. evelyn! iya ambil aja dealovanya ampun lagu itu kebagusan aku bingung mau nulis apa dengannya -.-
      ih kalo di hape aku juga ga ada lagu indo, itu di laptop yg 42.
      kalo evelyn lagi sibuk gapapa diutamakan yg lebih penting dulu.
      *tapi ini cuman 100 kata kok 100, ambil salah satu aja monggo biar ga repot*malah maksa lagi.
      makasih dah mampir ya! semangat!

      Like

  6. playlist kamu keren2 kok, dibanding playlist indoku yg randomnya naudzubillahh
    kalo masalah ikutan nulis udah deh buru2 ngumpet, soalnya aku gk ada bakat sama yg namanya nulis, nulis skripsi aja amburadul gk jelas *malah curhat
    aku cuma bisa kasih semangat aja deh buat kamu 😉
    aku tunggu drabble seriesnya, khususnya lagu firasat sm bahasa kalbu bbeeuuhh gk ada matinya deh itu lagu
    kalo kamu yg bikin pasti keren

    ppyong ❤

    Like

    1. kak kalo nulis skripsi aku mah gak jago, konsul bolakbalik aja masih salah *curhat
      tapi makasih sdh memberiku semangat menyelesaikan tantangan ini hehe.
      PS KAKAK TAU GAK SIH LAGU FIRASAT ITU MAU AKU PAKE BUAT NULIS CHEN-BOMI tapi aku galau lagi gara2 kakak bilang nungguin bahasa kalbu huhu… aku suka banget lagu itu!

      Like

      1. O M G DEMI APPPPAAAA ???? *jungkir balik dari monas kenamsan tower kemudian menggelijang dirawa rawa
        beneran mau bikin chen-bomi pake lagu firasat ???
        adduuhh terserah deh chen bomi mw dikasih lagu firasat atau bahasa kalbu, dua2 nya bagus n dalem banget kok
        huhuu Liana ditunggu yya fict chen-bomi nya

        salam kecup basah dari jongdae :-*

        Like

      2. Liana aku pengen ikut ngirim drabble ke kamu, tapi kalo lewat email gmn? soalnya wp ku gk bisa dibuka, q lupa pw nya hahaa
        maklum udah bertahun2 gk dibuka.
        boleh gk mnta almt email km?

        Like

  7. Kita sama haha😂 lagu indo-ku ga sampe 10 dari hampir 400 lagu. Kebayakan lagu barat sih.
    Aku ikutan nulis beginian ah😊

    Like

  8. huwaaa, kak liana!! aku baru sempet cek postingan ini, huhu, -itu juga aku dapet dari blognya ardani :/
    hm, aku kok jadi eksaitid untuk ikutan yah? *geplaked, inget tugas laporan sebelum uasmu nak!* hm, tapi worth banget untuk ngelatih nulis drabble ini, ah ikutan! hehe 😀
    kak liana, aku numpang ikutan yaaa!
    dan, semangat kak untuk mengatasi wb-nya!! 😀

    Like

  9. Ini ada batas waktunya, gak ya? Aku tertarik sih buat ikut, tapi kalau waktunya mepet aku gak yakin :/

    Oh ya, ini harus diposting di wp pribadi, ya?

    Like

      1. Hei, kalau misalnya aku nitip posting di web kamu aja gimana? Hehehe
        Kira-kira bisa ngirim naskahnya ke mana, ya?
        Makasih 😀

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s