Matahari Terbit di Matamu, Kim Jongdae

CMv4fHRUcAAHL_3

Maaf, ini bukan termasuk ‘Lirik’. Aku penulis, benar, tetapi aku seorang penggemar juga, yang mana manuver aktor musikal baru ini membuatku terserang gelombang writer’s block episode kedua.

Nah, sebelumnya aku berterima kasih dulu pada semua yang sudah memberikan komentar pada karya-karyaku (terutama ‘(Kembarannya) Empat Baris Lirik’ kemarin) karena kalian sudah memberiku semangat. Selain itu, beberapa dari kalian memberitahuku soal Kim Jongdae dan caranya memenangkan hati para wanita lewat perannya di musikal ‘In The Heights’, sehingga pagi ini, seperti orang kesetanan aku langsung menelusuri internet untuk menangkap basah si pria Kim.

Tentu saja aku langsung berteriak saat adegan romantisnya terputar.

“Bagaimana kau mengatakan ‘cium aku’?”

“Besame.”

“Bagaimana kau mengatakan ‘pegang aku’?”

“Abrazame.”

“Berjanjilah untuk tetap tinggal denganku setelah matahari terbit. Aku tak peduli apa kata orang setelah matahari terbit.”

“Bagaimana kau mengatakan ‘selalu’?”

“Para siempre.”

“Para siempre.”

Aku kaget waktu tahu bahwa lagu yang dibawakan Jongdae di rehearsal reveal event itu ternyata pelajaran bahasa Spanyol. Pelajaran bahasa Spanyol paling panas.

Tapi, sebelum membahas lagunya sendiri, yang berjudul ‘Sunrise’, aku ingin membahas soal kisah Benny (yang diperankan Kim Jongdae) dan Nina (yang diperankan Kim Bokyung) di sini. Yang tidak suka spoiler bisa meninggalkan tempat.

Benny adalah seorang pekerja muda di usaha pengiriman taksi (? tidak yakin, ini terjemahan kasar dari taxi dispatch) ayah Nina, Kevin Rosario. Dia ditugaskan menjaga usaha tersebut selama Kevin Rosario mencari pinjaman untuk usahanya. Nina adalah mantan mahasiswi Universitas Stanford yang baru didrop-out karena masalah finansial (sepertinya, dikatakan di sumber bahwa dia tidak mendapatkan beasiswa di Stanford dan karenanya berhenti). Ketika keduanya bertemu kembali, mereka mengingat masa-masa lalu dan akhirnya (kembali) jatuh cinta. Sayangnya, karena Benny bukan orang Spanyol, Kevin tidak merestuinya bersama Nina.

Nah, lagu ‘Sunrise’ dibawakan setelah Benny dan Nina menghabiskan malam bersama dalam keragu-raguan. Di adegan ini, mungkin untuk menghibur diri masing-masing (karena Benny dikeluarkan dari pekerjaannya dan Nina dikeluarkan dari universitas), Nina mengajari Benny beberapa frase bahasa Spanyol. Terjemahan lirik lagu ‘Sunrise’ yang dibawakan di event kira-kira seperti ini (diambil dari lirik bahasa Inggris, mungkin untuk yang Korea ada yang berubah). Yang tebal punya Jongdae, yang miring dinyanyikan berdua dengan Kim Bokyung.

Apa kamu siap memulai lagi?
Kurasa aku siap.
Baiklah, ini dia.

Esquina, sudut

Tienda, toko

Bombilla, bola lampu

Kau yakin? Aku yakin.

Tiga dari tiga, kau menjawab benar.
Ajari aku lebih banyak
Calor, panas
Anoche, semalam
Dolor, rasa sakit

Itu benar

Llamame, panggil aku
Azul, biru
Amame, cintai aku

Mungkin memang aku mencintaimu
Lalu bagaimana kau mengatakan ‘ciumlah aku’? Besame
Dan bagaimana kau mengatakan ‘peganglah aku’? Abrazame
Al amanecer, saat matahari terbit

Segalanya dapat terjadi sebelum matahari terbit
Al amanecer

Aku tak tahu (Yo no se) harus bagaimana (Que hacer)
Setelah aku menemukanmu (Ahora que te encontre)

Apa yang akan dia katakan? (Que dira?)
Saat dia melihatku bersamamu? Bagaimana kau mengatakan ‘tolong aku’? Ayudame
Dan bagaimana kau mengatakan ‘berjanjilah padaku’? Prometeme
Berjanjilah kau akan tetap tinggal selepas matahari terbit

Aku tak peduli apa yang orang bilang selepas matahari terbit
Berjanjilah padaku kau tinggal selepas matahari terbit
Aku akan tinggal

Dan bagaimana kau mengatakan ‘selalu’? Para siempre

Para siempre
Al amanecer
Aku akan selalu berada di sana.

Al amanecer.

Kurang lebih seperti inilah. Maafkan kalau ada yang kurang pas.

Di sini, Benny menyatakan bahwa ia takut orang tua Nina akan memergoki mereka. (“Apa yang akan dia katakan? Saat dia melihatku bersamamu? Bagaimana kau mengatakan ‘tolong aku’?”) dan memang, mereka ketahuan. Kevin Rosario marah besar sedangkan ibu Nina, Camilla, menenangkannya. Pada akhirnya, karena Nina akan pergi kembali ke Barat (ini menurut sumber, padahal menurutku, bukankah Washington itu termasuk ‘Barat’?), Benny dan Nina juga harus berpisah. Adegan mereka berdua ditutup dengan pemandangan matahari terbenam, keraguan akan masa depan menggantungi keduanya.

Jadi seperti itulah cerita Benny dan Nina di ‘In The Heights’. Tidak terlalu bahagia, menurut sumberku. Kisah Usnavi-Vanessa yang merupakan pasangan utama di musikal ini sama saja gantungnya, tetapi yang lebih penting dalam drama ini adalah epilognya, yang mana Usnavi menyadari bahwa walaupun ia berasal dari Republik Dominika, tetapi tempat yang ia anggap rumah adalah di Washington Heights ini.

Ups.

Karena di sini aku memposisikan diri sebagai penggemar dan bukan pengamat musikal, jadi mari kita kembali ke topik: Jongdae-dan-kematian-para-penggemarnya. Kalau di rehearsal dia sudah seperti itu, aku tidak bisa membayangkan dia dalam versi penuhnya, dengan kostum Benny-nya, dan (mungkin) adegan ciuman. Di ‘In The Heights’ asli ada adegan itu, soalnya.

Hah. Chen EXO, resident troll, ciuman? (Mana pisau daging?) Rasanya Baekhyun yang duluan masuk musikal dan Kyungsoo yang lebih hebat aktingnya belum mendapat bagian semacam ini. Jangankan ciuman, skinship dengan pemeran wanita saja belum pernah (kalau Kyungsoo memegang pipi Ji Yeonhee di ‘EXO Next Door’ disebut skinship serius, ya terserah; yang jelas tidak seserius skinship yang ini).

Sayang, di potongan ‘Sunrise’ ini keceriaannya masih sedikit bersisa, padahal menurutku, dia bisa berakting lebih sedih. Konteksnya ‘kan dia takut kehilangan Nina. Skinshipnya juga agak-agak canggung (karena menurutku dia harusnya taruh tangan di pinggang Kim Bokyung bukan di leher—macam mau mencekik jadinya).

chen-kim-bokyung-pelukan-mesra-latihan-musikal-the-heights-01

Tapi jika ini dikesampingkan, kurasa dia bisa menampakkan perasaan dalam lagunya dengan baik untuk seorang pemula di dunia musikal ^^. Vokalis utama EXO semua memang begitu, ‘kan? Tidak heran kalau mereka bisa akting duluan.

(Dan semua penggemar vokalis utama EXO sakit hati. Lihat, Do Kyungsoo sudah dapat Kim Sohyun dan Moon Gayoung kemarin. Kim Jongdae dapat Kim Bokyung-noona. Byun Baekhyun dapat Kim Taeyeon—ups, ini tidak masuk hitungan.)

Ah, fangirling post berdurasi ficlet ini memang sampah. Maafkan. Begini-begini, aku juga mau mengocehkan bias sesekali. Kapan lagi lihat Kim Jongdae semesra ini sama perempuan?! Bayangkan dia menatapmu dalam jarak dekat, menyentuh pipimu, memelukmu dari belakang…. Dan kemeja putih polos memang bikin pria kelihatan makin ‘pria’, bukan?! Aduh, mimisan. Tisu, mana tisu?

Semoga Kim Jongdae sehat selalu, sehingga dia tidak perlu vakum dari EXO dalam waktu lama dan membuatku kehilangan bias. Egoisme penggemar. Maafkan sekali lagi.

Sampai ketemu di series ‘Lirik’ berikutnya, ya! Maaf sekali lagi sudah mengisi web ini dengan informasi yang mungkin kalian sudah tahu.

–Liana

P.S. Yang punya nomor kontak Kim Jongdae bisa bilang padaku di kolom komentar. Dia barusan mencuri hatiku dan aku mau mengambilnya kembali.

P.P.S Special thanks for you yang merasa mengirim seamplop penuh foto mesra Kim Jongdae ke e-mailku XD

Advertisements

16 thoughts on “Matahari Terbit di Matamu, Kim Jongdae

  1. asdfghhjkk kak! kok chen tega banget ya sama aku hikseuuu ;'(
    awalnya aku gak tau apa-apa. adik aku nanya lewat smartphone, dia nanyain cewe yg dipeluk sama chen. tapi aku gak tau. jadi kuabaikan aja. eh ternyata pas buka wp…dapet postingan kakak. dan sekarang aku ngerti.
    no cemment lagi kak…. envy hiks hiks

    Liked by 2 people

  2. cowok yg satu ini lg ramai dibicarakan yaa… keinget kmrn malem tiba2 seseorang ada yg ngechat n blg chen jahat gara2 peluk cewek waktu rehearsal.
    daaann hari ini bbrp kali baca beritanya dan kedapetan kamu ngepost beginian..

    chen chen kau membuat potek banyak hati wanita…hahaha

    semoga sukses selalu deh buat chen dan mengamini pernyataan di paragraf ke2 terakhir sblm P.S.

    Liked by 1 person

  3. Pertama kali liat foto2 itu rasanya mau menyendiri di antartika selama lamanya
    gmn gk, pulang kerja lg capek buka TL isinya begituan semuaa *menggelijang dilantai
    JD jahat banget, baru ditinggal kerja bentar udah berani peluk2 perempuan lain, gk inget anak dirumah?? *aappaaahhh *belahsemangkapaketangan
    aku gk kuat aku lemah
    apalah diri ini kalo dibandingkan perempuan itu *gk mau sebut nama *sakiiiitttt
    terakhir, turut berduka cita untuk semua Jongdae stan
    saya mrasakan apa yang kalian rasakan
    dan ini belum sampe keadegan ciumannya, KJD harus tanggung jawab kalo smpe semua fansnya dia pd kejang2 di RS
    mari kita berdoa semoga kita selalu dalam lindungannya jika hari itu tiba *pake suara mamah dedeh *curhatdoonngg
    sekian, terimakasih

    Liked by 2 people

  4. Thanks to Liana selaku authornim yang menulis “lirik” ini, you give me Sungan Heart Attack,
    Maaf kalo nyampah di kolom komentar sebenernya spechless tapi tetep pengen komen.

    TT 🙂

    Kim Jong Dae oppa,
    hati ini terbagi atas dua perasaan,
    terseret bersama para penggemarmu dalam rasa iri dan terseret bersama euforia dalam kebahagiaan, kelegaan atas eksistensimu yang semakin berkilau.

    🙂 TT

    Like

  5. Dan… aku yang bukan Chenstan merasa potek ;__;
    Chen sekarang udah gede, udah main peluk2an sama noona2
    mana noonanya cantik ;__;
    Dan banyak para Chenstan yang *mungkin* “tewas” setelah liat ini.
    Dan rasanya aku pengen ngubur Chen di sumur *eh* *ga gitu*

    Like

    1. jangan kubur chenku kak kubur kyungsoo aja tuh ntar dia pasti kebagian skinship jugak *ngarep banget
      tapi aku malah gak potek2 amat ii, malah kyknya bakal ngeship dua orang ini *yea* tapi kyknya ibu kim bokyung udh mau nikah uh.
      makasih sdh baca rant ga jelas ini kak hahaha

      Like

  6. Aku sudah kebal dengan yang terjadi sama baekhyun sebelumnya. Ya meskipun aku nggak terlalu ngikutin saking poteknya. Tapi aku tahu sakitnya chen-stan sekarang kok kak. Sampe rasanya males buka laptop buat sekedar ngecek beritanya. Tapi seiring berjalannya waktu pasti para oppadeul ini bakal lebih banyak tawaran buat main, nggak sekedar di musical. Yang mungkin akan mengundang lebih banyak skinship. Namanya idol yang namanya semakin besar, pasti karirnya naik juga ya 😀
    Baitewai chen sama baekhyun mainnya juga sama nuna-nuna, mungkin masih enakan chan ya, sama moon gayoung mulu :v
    Sabar ya kak Li, sampe kena wb segala. Masih kuat aja nonton plus nulis review diatas 😀

    Like

    1. aslinya sih aku gak sakit2 amat malah doki2 begitu nonton skinshipnya jongdae soalnya KAPAN LAGI BISA LIHAT JONGDAE MESRA2AN DGN GENTLENYA SAMA CEWEK HAHAHA. aku malah semangat kalo exo main romance beneran dgn adegan2 yg lebih penuh feel :p itu WB-nya bukan gara2 potek tapi gara2 jatuh cinta makin dalam sama aktingnya mas jjong XD

      Like

  7. Kak, aku punya nomernya jongdae kak .-. /bohong deh/ XD Maaf ya kak, udah baca post yang ini tapi belom nyumbang komentar. Aduh malu /panci mana panci/
    Btw kak aku baru tau lirik lagunya kaya gitu loh. Kenapa aku yang baca liriknya mendadak panas yah. Haha.
    Aku setuju banget sama kakak. Kapan lagi bisa liat jongdae romantis sama cewek. Kalo mau imagine, mending posisikan diri kita jadi kim bokyungnya aja. Biar bayangin gimana dipeluk belakang sama kim jongdae berkemeja putih gagah gimana gitu. Nyahahaha XD XD
    Udah kak sekian. Ga kuat bayangin kim jongdae kalo tampil beneran kak. Mungkin mereka malah jauh lebih romantis daripada waktu latihannya. Hehehe

    Liked by 1 person

  8. Buenas tardes, senyorita Liana.

    pertanyaanku cuma satu,
    KAPAN GILIRANNYA MAS XIU???
    Mgkin ke-fangirl-an ku ke xiumin kyk kmu ke chen, Li.
    Enjoy2 aja liat mrk deket sm cewek.
    Dan terakhir ini aq bru tau katanya Chanyeol mau ikut Wgm. Trus yg trlintas di otakq jg satu prtanyaan tadi, KENAPA NGGAK MAS UMIN AJA??

    Li, kalo ada link buat download lagunya itu aq kasih tau dong. Lagu spanyol yg aq pnya cm punyanya Enrique Iglesias.
    Gracias.
    #efekSpanyol

    Like

    1. waha ya gak tau kak… tanya mas umin. mungkin yg di mv-nya jin-gone, itu sdh termasuk mesra2an *apanyaaaa malah kyk kakak-adikan sama kim yoojung -.-
      trs yg di exo 90-2014 itu dia juga ada momennya sedikit sama cewek ga sampe sedeket chen gitu sih.
      lagunya? aku gak punya linknya kak, search aja in the heights-sunrise mp3 download gitu hahaha.
      btw di ficku yg musim gugur komen kakak php banget, kirain panjang taunya udh tamat aja. *kayak drabbleku ya hahai.
      makasih udh komen ya kak!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s