EXO-N #9: Layers

layers

“Coba tebak, yang mana? Kau cantik dipandang, tetapi sebentar kemudian berubah.”

(IU – Twenty Three x EXO – Transformer)

***

Lee Jieun itu enigmatik. Ia berselimutkan berlapis-lapis kebohongan dan kejujuran, berselang-seling tak teratur hingga batasan asli-palsu dari dirinya sangat kabur. Orang kebanyakan menganggap Jieun tidak konsisten, munafik, penipu, ahli menyamar, bahkan memiliki kepribadian ganda atau gangguan bipolar, tetapi sebenarnya tidak begitu. Seumpama batu mulia yang menampakkan warna berbeda sesuai arah datang cahaya dan sudut potongan, Jieun pun bisa menunjukkan beragam sisi, tergantung bagaimana orang melihat. Masalahnya, sisi yang macam-macam ini sering menakutkan atau mengesalkan. Apa Jieun bersungguh-sungguh? Atau cuma akting saja? Inilah pertanyaan yang kerap muncul dalam benak lawan bicara si gadis.

Hanya Do Kyungsoo yang cukup cerdas untuk menangani Jieun yang multi-faceted begini. Ia memerangkap Jieun antara kedua lengannya agar bisa berbicara empat mata tanpa gangguan, malam itu sehabis kuliah di salah satu koridor kampus yang sunyi.

“Aku menyukaimu. Jadilah kekasihku.”

Tak tersirat keterkejutan sedikitpun di wajah Jieun. Kyungsoo bisa saja sama seperti orang lain, yang setelah mengamati Jieun dari ‘sudut potong’ tak tepat langsung ngacir tanpa pamit. Apa istimewanya Kyungsoo jika sama dengan yang lain-lain itu? Akan tetapi, entah bagaimana Jieun menemukan prospek baik dalam tatapan jujur Kyungsoo. Ia tidak dapat memastikan itu jujur betulan atau pura-pura jujur seperti dirinya biasanya, tetapi hei, tidak ada orang yang bisa berperan sebagai orang jujur sementara ia busuk di dalam. Kecuali Jieun, sih.

“Diriku yang mana yang kau sukai?”

Pertanyaan ini masuk akal. Jieun bukan sosok yang baru Kyungsoo kenal kemarin sore. Dengan mata lebarnya, pemuda itu sudah menyaksikan berbagai rupa si gadis mungil. Di satu waktu, Jieun duduk tenang, bersikap anggun seperti putri raja, tetapi pada waktu yang lain, ia jadi serampangan, tidak peduli apa kata orang. Satu saat, keramahannya mengalahkan kasir terlatih dari jaringan supermarket terkemuka, namun tak lama kemudian ia bisa menghardik seseorang tanpa merasa bersalah. Senin, ia masih tampil menyanyi dengan penuh percaya diri di panggung ulang tahun kampus; tiba-tiba Selasa, ia kepergok Kyungsoo sedang menangis sembari mengusap bayangannya sendiri dalam cermin di atas dasbor mobilnya. Pagi sebelum kelas, Jieun dicium mesra oleh Kim Jongdae, playboy kelas kakap yang merupakan sahabat Kyungsoo sekaligus ketua tim paduan suara kampus; tak disangka siang sedikit, bibir Jieun sudah dikuasai Park Sunyoung, teman Kyungsoo di jurusan bisnis yang jadi incaran pria sefakultas. (Iya, Park Sunyoung itu perempuan.)

Yang manakah dari semua sisi ini yang Kyungsoo senangi? Jieun diam-diam penasaran, tetapi seperti biasa, ia tidak menuntut jawaban.

Sementara itu, Kyungsoo terkekeh menang; ia telah memprediksi ini. Pertanyaan jebakan Jieun tidak akan bekerja padanya. Jari-jarinya kemudian menelusuri wajah Jieun tanpa malu, mencari jejak ketulusan dalam mata yang digenangi kehampaan, pipi pucat yang semakin tirus, dan bibir yang barangkali lelah menyunggingkan kesemuan. Selimut-selimut samaran Jieun Kyungsoo tarik begitu saja; manuver ini sudah sejak lama ia inisiasi sehingga sekarang selimut Jieun cuma tersisa selapis. Dengan menyimak keluh-kesah Jieun yang sedang mabuk mengenai orang tuanya yang nyaris bercerai, Kyungsoo telah menarik satu selimut. Dengan memahami keinginan Jieun untuk sejenak lepas dari mulut-mulut yang hobi merendahkannya, Kyungsoo membuka lagi satu selimut. Dengan menerima keadaan Jieun yang mencintai banyak orang (termasuk bayangan di cermin) lantaran merasa tidak pernah dicintai, kembali Kyungsoo menyingkap satu selimut. Dengan menyadari bahwa setumpuk selimut Jieun hanya cara untuk menutupi kelemahan, Kyungsoo menarik banyak selimut sekaligus.

Maka yang tertinggal kini adalah Lee Jieun yang membutuhkan Do Kyungsoo sebagai pelengkap.

Setelah memastikan tak ada lagi lapisan kepalsuan yang menghalanginya dari Jieun, Kyungsoo segera mendekap gadis mungil itu erat. Ia lakukan itu seakan sisi Jieun yang asli bisa lepas jika tidak cepat ditahan.

“Masa bodoh, Lee Jieun,” bisik Kyungsoo lembut tepat di telinga si gadis, “Betapapun banyaknya sisi yang kau punya, kau selalu menjadi dirimu sendiri jika denganku, bukan?”

Meski tidak melihat raut Jieun, Kyungsoo merasakan Jieun gemetar dan merapuh dalam pelukannya. Hal itu merupakan penanda pasti bahwa yang berada dalam rengkuhan Kyungsoo 100% Jieun, tanpa campuran, tanpa pengotor, tanpa selimut dusta.

“Aku benci kau, Do Kyungsoo.”

Oh, ada satu selimut lagi yang Kyungsoo lupa ambil, ternyata. Jieun akan mengatakan hal berlawanan saat dihunjam perasaan yang kuat, seperti saat ini misalnya, tetapi satu kecupan berhasil menarik selimut terakhir Jieun tanpa ampun. Jieun mengaku dalam diam bahwa ia berbohong lagi—dan Kyungsoo tersenyum maklum.

“Aku juga cinta kau, Lee Jieun.”

TAMAT

.

.

.

bias2ku ga sopan emang. comeback barengan. pertama exo japanese release, terus mas luhan rilis ‘medals’, z.tao ‘reluctantly’, iu ‘twenty three’, terus f(x) ‘4 walls’. kan aku bingung mau selebrasi yg mana dulu.

Advertisements

18 thoughts on “EXO-N #9: Layers

    1. Finally aku baliiiiiiikk

      Liana liana liana tolong ajari aku bikin diksi luar binasa kayak punyamu liiiii huweeee aku merana aku tak berdaya/plak/mas kyungsoo halalin mbak jieun aja maaas/gak/

      ini kece sampai aku gatau maukomen apa li, suka banget sama penggambaran sama perumpamaan yang kamu jabarkan di tiap katanya ;_;

      aku sempet mikir mbak jieun bukan manusia untung enggak….krik

      Like

      1. lia jangan merendah ;_; yaudah li, kita punya ciri khas masing-masing udah gitu aja/tapi aku beneran suka sama diksi yang dipake liana di sini ih, bikin ngiri perumpamannya :”””

        mbak jieun roti lapis, kan berlapis-lapis/gak

        sama-sama~ aku usahain mampir ke mana-mana sekarang kalau luang XD

        Like

  1. KAAAK. UGH. AKU MAU PINGSAN AJA.

    Kenapa sih kak harus manis tapi manisnya gak berlebihan gitu 😦 mau juga (?). Suka sama perumpamaan kakak, terus gimana caranya Kyungsoo bisa ngelepas satu persatu kebohongannya Jieun tuh ♥♥

    Lovely banget pokoknya kakak ngejadiin Kyungsoo di sini, ngedeketin Jieunnya lembut abis aku iri xD Ini:

    Dengan menyimak keluh-kesah Jieun yang sedang mabuk mengenai orang tuanya yang nyaris bercerai, Kyungsoo telah menarik satu selimut….

    LINE TERFAVORIT ♥♥ keep writing kak X)

    Like

  2. Liii, aku mau nitip cowok satu gitu yg kayak kyungsoo. Wkwkkw x)
    Ah, liana mah selalu paporit kalo bikin. Beuh, liat kalimat awalnya aja aku megap-megap… apaan enigmatig, aku taunya rematik, huft. ((Nasib ilmu pengetahuan cekak))
    Wkwkwk, aku suka penggambarannya, mulai dari penggambaran kepeibadian apa aja yg hieun punya, sampai kenapa dia jadi begitu.
    APALGI PAS DIO NYA ROKENROL BILANG MASABODO, AW~

    Pokoknya aku love liana , eh… love dio aja deh. ♡

    Like

    1. ROKENROL APA KAK YA AMPUN XDD
      iya ntah knp feel angstku lagi luber buat mbak iu habis denger ceritanya sama pacarnya yg baru/?, jadilah bikin fic multiple personality ini.
      hiyak kakak tidaaaak dio milikku *semua anak EXO aja kamu gituin Li
      hehe but anyway, makasih ya kak sdh mampir!

      Like

      1. wakakak, luber gegara iyu pacaran sama ajushi… x)
        tapi ku jadi ngebayangin dia bipolar beneran, hohoho ((padahal aku sendiri penggemar ajusshi ganteng kek jang dong gun, wkwkwk))

        Like

  3. Ka maap nih mau random comment lagi buat series ini hehehe
    Itu EXO-N 1 nya apa-apaan? *lah?* Ga nyangka Kyung bisa jd begitu ckckck Di mata aku dia tu sosok cowo polos baek-baek hahaha
    EXO-N 2 ko aku jd berpikir Tuan Besar itu SM wkwkwk Dan lagu”Lu-ge d album Reloaded bikin keselek. Ga berasa dia banget “Oh jd ternyata dia punya sisi swag yg terpendam wajah cantik &SM” gitu wkwkwk
    EXO-N 3 Tumben ka bukan Jieun sm Kyungsoo kekeke Tp itu hukumannya aga trelalu gimana gitu, soalnya kan Jongdae lakuin itu untuk ya katakanlah pembelaan diri *so so an jd anak hukum* Tp selalu keren seperti biasa T_T *envy*
    EXO-N 4 nya aga” ga mudeng hahaha Maapin otakku g buffer wkwkwk Tp suka ko suka selalu sm surrealis kakak hihihi
    WOWWOWWOW buat EXO-N 5 nya. Speechless ga tau mau comment apa
    EXO-N 6 Ga nyangka couple ini bisa bertengkar segitu hebat. Ugh selalu keren juga fic marriage ife nya. Dan makasih buat kata” kimia yg bikin pusing wkwkwk Jd berasa balik lg k sma kls 3 yg wali kelasku guru kimia *hahaha malah curhat*
    EXO-N 7 Awalnya aku ngira kalo Jongdae-Sunyoung itu sepasang mantan yg baru putus, dan ternyata benar!!!!! *bangga sama diri sendiri* wkwkwk Seneng deh balikan lg nya, konyol tp meaningfull hihihi
    OWOWOW couple EXO-N 8 ini. Emang paling cocok si dikasih cerita crime kekeke Suka sm coule ini kalo ceritanya bau” beginian *apa si*
    EXO-N yg ini jd berasa IU d drama Producer kekeke Dan ugh Kyungsoo nya bikin melted

    Like

  4. Liana, aku jd mikir yah.. Selama ini aku k mana aja, apa kebanyakan gaul ama kakek2 dr abad renaissance sampe baru menemukan lili skg :”””
    Padahal kalo dipikir2 dr pd meluluin stendhal, victor hugo atau voltaire gitu kan tulisan lili bisa jd hiburan..
    Dan ini aku suka bangeeettttsss (dan sejauh ini blm nemu yg ngga kusuka sih ya dr tulisan lili)..
    Ah aku ga tau mau bilang apa lg.. Makasih, ya, akhirnya kita bertemu.. Hhaha
    Kayaknya aku harus udah mulai gaul nih, banyak penulis luar biasa yg karyanya nggak melulu menumpuk d toko buku ..
    Sekali lg, thanks a lot lili ❤

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s