Dodekatheon Retold: Filler

Filler rasa rom-com, dibintangi tokoh-tokoh di Dodekatheon Retold (focused on Ares/Aphrodite/Hephaestus, Dionysus/Ariadne, Hades/Persephone, Poseidon/Amphitrite, and Zeus/Hera). Dibuat karena WB waktu ngerjain DionHeph. Dilabeli komedi tapi sangat mungkin tidak lucu. New to the series? Here’s the guide. This post is GIF heavy!

***

[1]

Aphrodite punya banyak kekasih sebelum menikah. Kehidupan cintanya adalah yang terumit kedua setelah Zeus, namun setelah dinikahkan Hera, kisah asmaranya menjadi lebih sederhana: ia hanya terjebak antara mantan kekasihnya, Ares sang dewa perang, dan suami resminya, dewa pandai besi Hephaestus. Di banyak versi, dikatakan Aphrodite mencintai Ares karena Hephaestus buruk rupa, tetapi para penggemar mitologi Yunani lebih suka membuat Aphrodite jatuh hati pada Hephaestus agar pernikahan mereka tampak ideal.

Sebenarnya, Aphrodite lebih memilih siapa, Ares atau Hephaestus? Mari kita tanyakan langsung padanya.

tumblr_inline_nsran2NNd01txvf4m_500

“Buat apa memilih kalau bisa dapat keduanya?”

…Um, oke, sepertinya dugaan kita semua salah.


.

.

.

[2]

Ksatria-ksatria wanita Olympus yang terhormat, Athena dan Artemis, terkenal akan kemampuan bertarung mereka. Bedanya, Athena bersenjatakan tombak, sedangkan Artemis jago memanah. Sering keduanya mengira-ngira—seperti hari ini—senjata siapa yang paling kuat, walaupun tidak benar-benar ingin membuktikannya dalam duel bodoh nan sia-sia. Mereka cukup bijak untuk menghindari perseteruan antar saudari.

Tapi, kala memergoki trio Apollo-Hermes-Dionysus mengintip para nimfa sungai yang sedang mandi sambil terkekeh-kekeh, Athena dan Artemis mendadak ingin menguji senjata mereka. Artemis mengangkat busur, Athena menyiapkan tombak.

“Athena, aku urus Apollo.”

“Baik. Aku pegang Hermes, kalau begitu,” –lalu mereka menyadari sesuatu—“Terus, bagaimana dengan—“

tumblr_nb8m0hf5Eu1tiz198o4_250

“DIONYSUS!!! DASAR, DEWA MATA KERANJANG! PULANG SEKARANG!”

“AH!!! IYA, IYA, A-AMPUNI AKU, ARIADNE!”

“Tidak ada ampun bagimu! Kau benar-benar mengecewakanku!!!”

Athena, Artemis, Apollo, dan Hermes terbelalak kaget. Isi pikiran mereka sama: sejak kapan Ariadne, dewi labirin istri Dionysus itu, datang kemari?! Apalagi begitu datang, Ariadne langsung menjewer telinga Dionysus sampai merah dan menariknya pergi dari semak di mana tiga dewa usil tadi mengintip. Hih, seram betul.

Athena dan Artemis kini memahami bahwa kemurkaan seorang istri lebih berbahaya dari tombak atau panah.

Lho?

“Sial, kita teralih, Athena! Apollo dan Hermes kabur!”

“Hah? Keterlaluan! Apollo, Hermes, kembali ke sini!!!”


.

.

.

[3]

Cerberus, anjing penjaga dunia bawah yang ganas, akan jadi jinak jika sedang diajak jalan-jalan oleh ratunya, Persephone. Oleh karena itu, banyak jiwa yang tertawan menduga bahwa pada saat-saat itu, penjagaan pintu dunia bawah melonggar dan mereka bisa lari ke dunia atas.

Mereka salah besar.

Satu jiwa yang mencoba melarikan diri dari gerbang Padang Asphodel ketahuan dengan sangat tidak elitnya oleh Persephone. ‘Tidak elit’ memang—karena dia bahkan tidak sadar kalau sudah ketahuan. Persephone mengerjap polos, teringat ucapan suaminya, Hades, untuk tidak membiarkan siapapun lolos dari kerajaan ini. Sayang, berhubung sekarang Hades sedang pergi ke dunia atas untuk menemui Zeus, tidak ada sosok yang cukup kuat untuk memperingatkan si jiwa bandel itu.

Kecuali Persephone.

Jadi, sambil mengusap-usap kepala Cerberus yang masih asyik bermain, Persephone memungut ranting kering yang kebetulan tergeletak di sebelah kakinya, lalu melemparkan ranting itu tepat ke arah si jiwa.

“Cerberus, tangkap!”

Yang namanya anjing, begitu melihat benda panjang melayang ke satu arah, ia akan langsung berlari ke arah tersebut. Si jiwa, yang baru merasakan satu ranting menumbuk belakang kepalanya, berteriak ketakutan mendapati anjing kepala tiga itu menghampirinya dalam kecepatan tinggi, dengan taring panjang berkilat. Langsung saja si jiwa melesat balik ke Padang Asphodel dan tidak berani keluar-keluar lagi.

Cerberus menggigit ranting dan menjatuhkannya di depan Persephone. Ekor si anjing bergoyang-goyang tatkala Persephone membelai kepalanya lagi dengan sayang.

“Anjing pintar.”

***

“Persephone,” panggil Hades yang baru tiba dari dunia atas seraya melepas jubahnya, “ada yang terjadi selama aku pergi?”

Yang ditanya menggeleng. Sembari melipat jubah Hades, Persephone mengeluh: “Tapi… aku kesal pada jiwa-jiwa yang masuk belakangan ini. Mereka selalu ingin keluar lagi. Kenapa, ya? Padahal, aku suka di sini.”

687474703a2f2f32342e6d656469612e74756d626c722e636f6d2f31353232643336376433623133366537613236383865653064393862363361392f74756d626c725f6d75346b7577794368413173396c7575656f315f3530

“Kau suka di sini? Baguslah,” Hades tersenyum tipis, “Cerberus jadi tidak usah repot mengejarmu untuk membuatmu tinggal.”

tumblr_nm7zl0HXCx1s0rhu3o2_500


.

.

.

[4]

Satu hari, seekor lumba-lumba menyela Poseidon yang tengah mengatur arus laut dengan sebuah laporan mengejutkan.

“Baginda Poseidon, ini gawat! Yang Mulia Amphitrite ditangkap oleh manusia saat sedang berkunjung ke arus utara!”

“Apa?! Astaga, sudah kubilang jangan pergi terlalu jauh dari istana!” Buru-buru Poseidon melesatkan keretanya dengan arahan dari si lumba-lumba pelapor. Setibanya di tempat kejadian, Poseidon menemukan istrinya, gadis duyung putri dewa laut purba, di dalam jala yang berisi ikan-ikan tangkapan nelayan. Jala itu diangkat menggunakan katrol (sebagai informasi: ini sudah abad 21) yang tarikannya tidak cukup kuat dilawan Amphitrite. Banyaknya jumlah ikan yang tertangkap menjebak Amphitrite dalam jala, membuatnya panik dan menangis sesenggukan.

Memastikan para nelayan sedang melihat ke arah lain, Poseidon merobek bagian bawah jala dengan trisulanya.

Brush!!!

“Woah, Kapten, jala kita kenapa?”

“Tidak, ikan-ikan kitaaaa!!! Bodoh, kenapa bisa sampai lepas?!”

Kebingungan para manusia di atas sungguh kontras dengan keadaan di bawah permukaan air. Ikan-ikan yang ditangkap berenang bebas dan gembira, mengelilingi Poseidon yang langsung dipeluk Amphitrite.

“Huaaa, Yang Mulia Poseidon, aku takut sekali!!! Kekuatanku tiba-tiba saja tidak bekerja, sehingga aku tidak bisa menarik air untuk memutus tali jalanya! Hiks, apa kekuatanku benar-benar sudah hilang? Aku bukan ratu laut lagi, ya?”

Poseidon menghembuskan napas selagi satu tangannya merengkuh Amphitrite, sementara telapak yang lain digunakannya untuk menengadahkan sang ratu.

“Dengar, kita ini dewa-dewi dari Yunani, Amphitrite, sedangkan kita sudah berada di luar Zona Ekonomi Eksklusif Yunani sekarang. Jelas kekuatan kita jadi tidak berfungsi.”

Amphitrite melongo.

tumblr_ld72mi8LBu1qa6oawo1_500

“Zona… apa?”

Pertanyaan Amphitrite mengenai perairan modern ini pasti akan berujung panjang, jadi Poseidon pikir akan lebih baik menjelaskannya setelah malam turun dan mereka tinggal berdua di kamar tidur.

“Nanti saja kujelaskan di istana. Ayo, pulang.”


.

.

.

[5]

Beda dunia bawah, beda laut, beda pula langit. Hera, dewi pernikahan merangkap ratunya Olympus, siang itu memberkati pasangan-pasangan baru di Bumi dari istananya. Hanya di saat-saat itulah, sang dewi bisa menampakkan senyum bahagianya yang cantik. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari menyaksikan sepasang kekasih yang berani mengikat diri dalam cinta, bukan?

Dan, bagi Zeus, tidak ada yang lebih menyenangkan dari menyaksikan senyum tulus Hera.

“Sedang sibuk?”

“Oh, Zeus,” Hera tersentak kaget begitu telapak berat sang raja langit mendarat di bahunya; senyumnya seketika tertukar dengan topeng beku, “Ya… seperti yang kaulihat.”

Dari cermin besar yang diletakkan mendatar di lantai ruang suci Hera, Zeus temukan berupa-rupa ekspresi senang suami-istri yang baru saja melangsungkan upacara pernikahan.

“Kau memang ahlinya memberkati ikatan pria-wanita, baik di kalangan manusia atau dewa. Kau tentu tidak keberatan memberkati satu ikatan pernikahan lagi, bukan?”

Kening Hera mengerut. Tak disangka, Zeus kemudian membisikkan kalimat iseng ini kepadanya:

“Berkati pernikahanku dengan seorang wanita lagi di Bumi sana.”

tumblr_m4wcuxYhXw1r3vt93o1_500

“LUPAKAN SAJA, ITU TIDAK BAKAL TERJADI!!!”

Zeus tertawa puas; raut cemburu menurutnya lebih manis, berharga, dan pantas menghinggapi wajah Hera. Dikecupnya pipi Hera singkat sebelum beranjak ke ruang tahta utama.

“Bercanda, Sayang. Sampai ketemu nanti malam.”

large


TAMAT

…dan sampai ketemu di Dodekatheon Retold berikutnya! (yang semoga saja cepat selesai)

Advertisements

17 thoughts on “Dodekatheon Retold: Filler

  1. Okey, ini romcomnya kerasa banget, aku suka aku suka
    paling suka tetep pas wendy, krn efek gif yg nunjukin betapa derp nya ni cewek, untung biass 😂😂😂
    Gif IU juga ngga kalah lucu, mukanya itu keliatan cengo2 gitu untung si suho sabar
    Si Luhan juga bisa ae gombalnyaa, aku angkat tangan ajahh
    Semangatkak utk lanjutannya, fighting!!!

    Like

  2. LIANA SENYUMNYA LUHAN WHY FULL OF SIN SEKALI HAAAAH ((masih belom bisa muvon)). aduh persephone hades kesayangankuuuuh x) terus aku juga sukaaa yang poseidon ama amphithrite (ini aku bener nggak sih ngetiknya). OMG WENDY-KUUH mukanyaaaa xD aduh dia mah ihhh cubanget. ih aku sukaaaa liii hihihi. aku doain liana webe-nya ilaaang x) semangat lianaaa hehe ❤

    Like

    1. kuatkan kak fik kuatkan *no it’s luhan so mana mungkin kak fik santai. bener kok kak ngetiknya ^^ mukanya wendy tuh cantik sebenernya cuman ya gitu, tau2 ngapain jadi jelek kan *sigh *kok ya pas sama chanyeol
      thankseu kak! ^^

      Like

  3. Aaaaaa Liana ini menghibur banget. Hahahaha. Apalagi ditambah gifnya mereka. Paling unyu si IU, gifnya imut. Zona ekonomi eksklusif Yunani 😭😭😭😂😂😂
    Kreatif banget kamu Liana. Aku suka hahahahaha.

    Like

  4. Suka sebel gimanaaaa gitu sama aphrodite
    Ga ares, zeus, hermes, poseidon kena semua
    MAUNYA APAAAA
    Dan sang dewi cinta kenapa ga bisa jatuh cinta sama suami sendiri sih
    Perasaan istri resmi dewa-dewa setia semua *meskipun suaminya tukang selingkuh semua*, cuma aphrodite yang enggak -_-
    Kasian hephaestus, dibuang ibu, istri tukang selingkuh, cintanya memilih jadi maiden
    Athena-Hermes!!! Jarang-jarang, padahal mereka yang paling sering bantu pahlawan *sibling ship paling cute setelah si kembar*
    Hermes sih main sama dua dewa paling ngacok, untung ada Ariadne
    “Aku bukan ratu laut lagi ya?” TOLONG DONG WAHAI PENGUASA LAUT KENAPA SANG PERMAISURI BEGITU AMAT
    TAPI YA AMPUN GIF NYA POSEIDON AKU MAU GELINDINGAN AJA

    Like

    1. APHRODITE JATUH CINTA SAMA HEPH KOK NTAR PASTI JATUH CINTA *soalnya xiuhani i can’t* #justiceforheph
      waks siblingshipku buat athena malah athenares *terlepas dari siapa castnya di sini* tapi athenarmes juga bisa sih, kalo inget cerita asli mereka (kan ada tuh versi yg bilang athena disuruh jadi messenger para dewa tapi dia ga mau dan malah lempar ke hermes :D) itu kok ya koplak.
      btw gif para dewanya… sudahlah jgn dibahas lagi, aku gelindingan itu downloadnya :p
      makasih udah mampir!

      Like

  5. Padahal aku udah ketawa ngakak, tapi begitu liat GIF nya Luhan, OMG…………,
    Why Liana, Why. /langsung kipas kipas/

    Mbak Chorong dengan entengnya bilang, “aku kesal pada jiwa-jiwa yang masuk belakangan ini. Mereka selalu ingin keluar lagi. Kenapa, ya? Padahal, aku suka di sini.” Ya iyalah, kamu kan tidur ditemenin Luhan, mbak. Nah, jiwa2 yang masuh ke Dunia Bawah itu tidur ditemani setan. hahahahaha.

    Pas nyampe Zeus- Hera, jendela kamar terpaksa aku buka semua karena KENAPA KRIS HARUS TERLALU….., ah sudahlah.

    Setelah baca Dodekatheon Retold yang biasanya berat banget, baca seri romcomnya bisa sedikit mengurangi kerutan di kulit wajah. XD

    Gak bisa nahan ketawa pas bagian Athena-Artemis-Ariadne, Apollo-Dionysus-Hermes. wkwkwkwkwkwkwwkwk. Emang gitu ya, gak di dunia nyata, gak di mitologi, “kemurkaan seorang istri lebih berbahaya dari tombak atau panah.”

    Trus, mbak IU mukanya polos banget. Untung suaminya Kim Junmyeon, yang terkenal paling sabar se-Korea Selatan, atau paling sabar se-Lautan. Yang mana aja deh. 😀

    Semoga WB nya cepet ilang ya, Liana. Keep writing. 🙂

    Like

    1. luhan. sama aku juga kipas2 :p dan aku ngakak baca paragraf kedua komen ini, bener juga ya aku ga kepikiran kalo ibu chorong dapet enaknya doang di underworld -.-
      terus zeus-hera, akhirnya ada yg notis :p IYA AKU TAU KEMARIN AKU BILANG DIA YG COOL DAN SEDUKTIF ITU KLISE TAPI KOK YA TETEP APPEALING TERUS?!
      mbak IU itu unyuuuuh, aku udah lupa betapa unyunya dia gara2 dia mulai seksi2 belakangan ini T.T
      thanks kakak udah mampir!

      Liked by 1 person

  6. KAK LIANAAA. AKu mau komenin satu-satu tapi aku gabungin aja ya, INI LUCU ABIS SIH PARAH. Terus gifnya 😂😂😂 baru sadar manusia-manusia ini suka berekspresi aneh-aneh.

    Dan ini humornya bikin melepas lelah dari yang emesh tapi implisit soal Cerberus, sampe yang cukup gak mitos-mitos semacam Zona Ekonomi Eksklusif Yunani LOL. Suka ♥︎ ♥︎ ♥︎

    Keep writing ya kak Liana!

    Like

    1. SHER demi apaaa kamu mampir ke sini XD ini dibikin karena stuck sesungguhnya sedih kan. aku pingin bikin cerita yg pendek2 kyk kamu tapi fail selalu jadinya panjang… tapi aku senang kalau kamu senang ^^ makasih udah mampir ya!

      Like

  7. KAK LIANA INI NAON YA GUSTI NU AGUNG

    Pls kak aku pengen ngakak banget yang bagian ‘zona ekonomi eksklusif yunani’ astaghfirullah untung inget mama papa udah tidur. Terus suka banget sama hubungannya artemis-athena heu my two queens ❤ dan sUMPAH GIFNYA WENDY WHY EPIC SEKALI ;-;

    Dear kak liana makasih udah membuat malam seninku berwarna :3 mana pas banget besok tuh aku presentasi sejarah tentang peradaban yunani semoga nggak keceplosan nyeritain dodekatheon retold lol.

    Jadi kebelet mbaca ulang PJO sama HoO series deh ;-;

    Keep writing kak liana, semoga writer's block nya cepet sembuh ❤

    Like

    1. ZEE muncul gegara kemarin ada pelaut tiongkok yg katanya nerobos ZEE kita gitu kan kebawa. wendy itu memang wenderp sekali, wajarlah kalo gifnya selalu epik. banyak kok yg lebih jelek XD yeaaa kebetulan topiknya fic ini nyerempet2 pljrn sejarah kamu hueheee…
      PJO itu bagus tapi kadang bikin sedih soalnya masih kebawa nuansa modern… aku pingin yg murni nyeritain dodekatheon ala2 jaman dulu gitu kan soalnya
      but anyway, makasih sdh mampir!

      Like

  8. KAK LI INI APA SEKALI! HAHAH XD Gimana bisa kepikiran bikin beginian? Mau kukomenin satu-satu, ntar jadi ficlet malah HEUNG. Gif-nya mba hani itu pas banget ngegambarin aphrodite yang yah .. dia kan emang versi cewenya zeus. XD
    Trus waktu trio dewa nakal itu kepergok sama athena-artemis, aku sempet buffering inget-inget jajaran cast-nya Kak Li ini. Baru inget kalo si dionysus itu si yeol dan jelas aja mampus ditangan mba wendy HAHA. Too hilarious.
    Kalo hades-persephone ini, as always, bikin melting. APALAGI GIF MAS LUHAN YA AMPUNN, BIBIRNYA ITU NGAPAIIINNN.
    JUNMYEON PAKE ZEE SEGALA -_-
    Dan zeus heungg, aku gatau mau komen gimana lagi XD
    Keep writing ya kak! Tbh, aku punya banyak utang komen di ficnya Kak Li TT TT nanti pasti kubayara kokk. 😀 😀 😀

    Liked by 2 people

    1. krn itulah aku milih mbak hani jadi aphrodite, susah nemu gif soojung yg sok seksi ya kan :p dan ya, kebetulan juga tiga dewi yg muncul di potongan kedua itu anak RV semua XD exovelvet rules!
      jgn liat bibirnya mas lu dosa *TERUS NGAPAIN DIPASANG LIANAAA
      mas junmyun jadi dewa ttp intelek hahai. zeus, as always, jail -.-
      santai aja, komenin yg berikutnya doang juga gapapa soalnya ke depan ini kyknya aku bakal posting tiap hari ^^ makasih ya udah komen!

      Like

  9. Dibuat senyum” sendiri lagi deh hahaha
    Lucu dan sweet bgt ka. Ugh
    Keep writing. Di tunggu Dodekatheon Retold yg lainnya
    Dan aku berharap bgt yg fanart KaiSooBaekHun bisa nongol(?) ff nya hihihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s